"Anjirr.. Kerjaan gue numpuk banget nih. Kalo begini caranya, lama-lama gue kena stroke ringan nih."
Sobat gue, Aan Anshori, akhir-akhir ini emang nampak makin stress dengan kerjaannya. Ditengah derasnya badai kerjaan yang menerpa, Aan keliatan pusing, bingung mesti ngapain.
Satu hal yang pasti, Produktivitas dia pun menurun drastis.
Yes, tingginya volume pekerjaan biasanya emang diiringi dengan tingginya tingkat stress dan emosi. Dalam kondisi ini, kemungkinan kita ngelakuin kesalahan dan lupa kerjaan pun semakin besar. Mangkanya, ga aneh kalo misalnya produktivitas kita pun jadi anjlok.
Solusinya, tentunya kita perlu sejumlah tools yang bisa membantu kita supaya bisa tetap produktif di tengah badai kerjaan yang menumpuk. Dengan dukungan teknologi, ga ada yang ga mungkin guys!
So guys! inilah 7 tools biar produktivitas meningkat!
1. Personal Assistance
Sering lupa apa yang mesti dikerjain? Sepertinya kalian perlu asisten pribadi buat ngebantu ngingetin. Tenang, kalian ga perlu ngegaji orang buat mendatangkan sosok asisten pribadi tersebut.
Yup, Personal Assistance, adalah solusi terkini buat ngingetin kalian akan hal-hal yang mesti dilakuin. Apple punya Siri, Windows punya Cortana dan Android punya Google Now. Jadi smartphone apapun yang dipake, semuanya bisa jadi asisten pribadi kalian. Tinggal sampaikan hal yang mesti diingetin, maka si personal assistance ini bakalan langsung mengeset reminder buat kegiatan kalian. Keren kan.
Sayangnya, satu-satunya kekurangan dari semua personal assistance saat ini adalah belum adanya support untuk bahasa indonesia. Ini artinya kalian mesti jago inggris dulu kalo mau pake tools ini -_-
Yup, Personal Assistance, adalah solusi terkini buat ngingetin kalian akan hal-hal yang mesti dilakuin. Apple punya Siri, Windows punya Cortana dan Android punya Google Now. Jadi smartphone apapun yang dipake, semuanya bisa jadi asisten pribadi kalian. Tinggal sampaikan hal yang mesti diingetin, maka si personal assistance ini bakalan langsung mengeset reminder buat kegiatan kalian. Keren kan.
Sayangnya, satu-satunya kekurangan dari semua personal assistance saat ini adalah belum adanya support untuk bahasa indonesia. Ini artinya kalian mesti jago inggris dulu kalo mau pake tools ini -_-
2. Whatsapp Web
Siapa yang ngga tau Whatsapp? Aplikasi chatting yang menerapkan sistem langganan ini sering banget digunakan oleh orang-orang kantoran. Selain ringan, simpel dan whatsapp juga ngga ada iklannya guys. Mangkanya, beberapa perusahaan menggunakan fitur Group di whatsapp untuk sharing informasi pekerjaan dan diskusi antar karyawan.
Sayangnya, penggunaan Whatsapp ini ibarat pisau bermata dua. Di satu sisi bisa meningkatkan produktivitas karena bikin kita jadi mobile, tapi disisi lain juga melambatkan. Ini karena untuk cek whatsapp berarti kita mesti buka hape dulu. Dan saat ngebuka hape itulah, kita berpotensi kehilangan konsentrasi ama kerjaan.
Sayangnya, penggunaan Whatsapp ini ibarat pisau bermata dua. Di satu sisi bisa meningkatkan produktivitas karena bikin kita jadi mobile, tapi disisi lain juga melambatkan. Ini karena untuk cek whatsapp berarti kita mesti buka hape dulu. Dan saat ngebuka hape itulah, kita berpotensi kehilangan konsentrasi ama kerjaan.
Solusinya, kita bisa pake Whatsapp Web, alias whatsapp yang bisa diakses langsung dari Firefox maupun Google Chrome. Untuk menggunakannya, kita tinggal buka aja web.whatsapp.com, lalu scan kode QR dengan menggunakan Whatsapp di handphone kalian.
Taraaaa... sekarang kalian bisa akses whatsapp tanpa bolak balik cek hape :D
Selain WhatsApp, Skype juga menjadi salah satu aplikasi messaging penting di dalam duniaa perkantoran. Selain bisa bikin group, skype juga punya keunggulan lain dibanding whatsapp yaitu Video Conference. Ini berarti selama ada internet, dimanapun kita bisa meeting guys.
Taraaaa... sekarang kalian bisa akses whatsapp tanpa bolak balik cek hape :D
3. Skype
Selain WhatsApp, Skype juga menjadi salah satu aplikasi messaging penting di dalam duniaa perkantoran. Selain bisa bikin group, skype juga punya keunggulan lain dibanding whatsapp yaitu Video Conference. Ini berarti selama ada internet, dimanapun kita bisa meeting guys.
Namun bukan itu aja keunggulannya. Skype juga ane rekomendasikan buat pengguna kantoran karena kemudahannya dalam hal berbagi dokumen antar komputer.
Untuk share dokumen ke komputer lain, kalian tinggal tarik dokumen yang mau dikirim dari explorer ke skype. Setelah itu, dokumen pun langsung sampai di komputer rekan kerja kita. Asik kan.
Satu-satunya kekurangan Skype adalah loadingnya yang berat dan berpotensi bikin startup komputer jadi lama.
4. TeamViewer
Ga bisa datang ke kantor sementara kerjaan ngga bisa ditinggal? TeamViewer solusinya!
Dengan menggunakan teamviewer, kita bisa mengakses komputer kantor dengan mudah dari laptop pribadi, tablet, atau bahkan smartphone sekalipun. Selain itu TeamViewer juga bisa digunakan untuk sarana meeting apabila kita memang sedang berhalangan hadir ke kantor.
Teamviewer tersedia di berbagai platform mulai dari Android, iOS dan bahkan Windows Mobile sekalipun. Versi normalnya bisa kita gunakan secara gratis alias freeware. Sementara ada juga versi berbayarnya bervariasi mulai dari 6 - 12 jt. Wow.
5. Office Lens
Ternyata, ada solusi yang lebih cepat loh guys!
Adalah OfficeLens, aplikasi bikinan Microsoft yang mampu mengubah kamera smartphone kita menjadi scanner dokumen. Wow.
Cara penggunaannya pun gampang, tinggal siapin dokumen yang akan discan, lalu jepret dengan menggunakan Office Lens ini. Maka hasilnya pun secara otomatis bakalan lurus dan rapih seperti hasil Scanner. Mantap kan..
Oya satu lagi, aplikasi ini juga ada di semua platform lho. Mulai dari Android, iOS dan Window Mobile tentunya. So, jangan lupa diinstall yah guys!
6. MindMapper
Mind Mapping adalah sebuah metode visualisasi ide, pikiran, atau rencana
kedalam bentuk diagram yang saling berhubungan antara satu dan lainnya.
Model pembelajaran mind mapping memang sudah terbukti bisa mempermudah
kita dalam menyelesaikan berbagai hal.
Kita bisa memanfaatkan metode
mind mapping untuk memvisualisasikan pikiran dan rencana kita, mengatur
alur kerja project kita, membuat project timeline, membuat diagram
flowchart, membuat peta pikiran, bahkan membuat diagram brain storming.
Namun tentu saja, cara memuat mind map sangatlah sulit jika kita
menggambarnya secara manual. Namun dengan bantuan mind mapping software,
kita bisa membuat mind map dengan cepat dan mudah.
7. Online Drive
Kerjaan belum kelar dan pengen dilanjutin di rumah? Ngga perlu lagi colokin flashdisk untuk copy kerjaan kita guys!
Sekarang kita di zaman teknologi. Masa dimana perangkat yang satu dengan yang lainnya saling terintegrasi secara mulus dan mantap. Yup, karena itulah tercipta Online Drive, sistem penyimpanan berbasis oline yang bisa kita akses dari mana aja, dan dengan perangkat apa aja.
Simpelnya gini, kalo mau ngelanjutin kerjaan, cukup simpen dokumen kita di Folder Online ini. Maka selanjutnya file ini bisa kita akses dari mana aja, termasuk handphone kita. Selain itu keuntungan dari online drive ini adalah sebagai backup.
kalo misalnya komputer kita mendadak rusak atau handphone kita kemalingan (amit-amit sih), maka data yang kita simpen di online drive ini tetap aman. Dan bisa kita buka lagi pake perangkat lainnya.
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------
Yap, udah segitu dulu deh tulisan dari gue kali ini. Gimana? Tools mana aja yang udah pernah kalian pake di kantor?
Share disini yaa..
0 komentar:
Post a Comment