Tips Hidup Ngirit Tanpa Perlu Ilang Gengsi



Anjaaay... udah lama banget ini blog kaga gua isi apa-apaan. 

Entah udah berapa lama gue janji bakal ngejadwalin ngisi posting website gue ini, entah udah berapa kali juga gue murtad dan lupa buat nge-update. Kesibukan duniawi emang terkadang bikin kita lupa segala-gala ye broh.

Okey, mungkin sejenak gue harus ngambil nafas dan siapin jemari gue menari-nari di atas keyboard buat ngeramein blog gue ini lagi. 

Dan di postingan perdana 2016 ini, seperti biasa gue bakal ngepost nasehat luar biasa ala mario teguh. Jadi gini, di suatu sore yang mendung durja itu gue tiba-tiba termenung. Setelah hidup melanglang buana selama tiga tahunan di Jakarta, entah berapa banyak duit gue yang menghilang kaga karuan jungjunannya. 

Bulan demi bulan gue lalui dengan kebiasaan yang itu itu aja : sumringah nerima gaji pas tanggal tua, merana penuh derita di tanggal tua. Tanggal muda makan nasi plus ki ef ci, tanggal tua nyetokin indomie. Alhasil gue pun mulai frustasi, apalagi ketika semua renungan gue itu mengerucut ke sebuah pertanyaan, "Setelah kerja sekian lama, tabungan gue udeh berapa?" 

Lemah, letih, lesu dan lunglai dah kalo udah ditanya begitu. Bawaannya pengen nelen satu strip sangobion sekaligus. Gue memberanikan diri untuk membuka catatan tabungan gue, dan seketika debu beserta jaring laba-laba pun nongol. Anjaaay.. mane pula inih isi tabungan guaa. 

Gue pun sadar, ada sesuatu yang salah dalam pola hidup gue selama ini. Gue pun memikirkan cara untuk bisa ngirit dan nabung secara efektif dan efisien, tanpa harus keilangan gengsi kita di hadapan orang-orang. (biar anak kost tapi kite high class jon!)

 Ini dia nih tipsnya..


1. Kaga usah sok-sok an pake motor laki

Salah satu kebiasaan kurang baik yang sering banget dilakuin orang-orang Indonesia adalah mengedepankan gengsi melebihi nasib mereka sendiri. Mangkanya ada peribahasa 'gede pasak daripada tiang'. Pendapatan belon seberapa, tapi gengsi udah setinggi langit. 

Seringkali gue merhatiin sejumlah temen gue. Penghasilannya belum seberapa, tapi udah pada berani ngambil motor laki dengan DP ala kadarnya. Padahal, kalo liat ke depan dikit, tentunya bakal banyak pengeluaran menanti kalo kita mutusin beli motor model begitu. Mulai dari cicilannya lebih mahal, sparepartnya mahal juga, bensinnya juga boros. Ujung-ujungnya duit abis, buat makan cuma kebeli mie instan doang.. merana adek bang.

Nih yang dulu pernah rame. Demo buruh bawanya motor ninja.

Tips dari gue : mau beli motor sport ya silahkan.. itu selera masing-masing broh. Tapi jangan lupa, inget sama kemampuan finansial kita masing-masing. Lebih baik punya motor yang modelnya biasa aja, tapi keuangan kita lancar. Daripada maksain punya motor laki tapi hidup kita jadi morat-marit. Ujung-ujungnya malah jadi nyusahin orang tua.

Inget, cowo sejati tuh bukan yang bisa bawa motor gede. Tapi yang bisa ngasih ke orang tua nya gede :)





2. Bawa duit jangan banyak-banyak

Belajar dari pengalaman, gue menyadari bahwa seiring dengan banyaknya duit yang gue bawa di dompet, keinginan gue untuk mampir jajan di sana sini pun bertambah besar. Apalagi daerah di sekitar tempat tinggal gue waktu itu didominasi oleh jajanan-jajanan syahdu. Berbagai species kang dagang saling berjeje, ngejajain produknya masing-masing.

Alhasil, gue selalu kalap tiap kali jalan ngelewatin daerah kosan gue. Menahan diri kaga ngeluarin duit buat jajan adalah hal tersulit yang harus gue lakuin.

And finally I realize.. I have to do something! (heleh.. so inggris)


Pada akhirnya gue sadar. Satu-satunya hal yang bisa bikin gue kuat menahan diri dari godaan jajanan kampret ini adalah dengan membuat gue sendiri kepepet. Yap, its about the power of kepepet!

Gue mencoba untuk mengatur duit di dompet gue agar jumlahnya 'secukupnya' aja. Dan dalam beberapa momen, gue malah sengajain bawa duit cuma buat ongkos doangan. Hasilnya fantastis, dalam seminggu hampir ga sekalipun gue tergoda untuk ngeluarin duit buat jajan. Ajib kan!

Lha.. gimane mau jajan. duitnye aja kaga ada -_-





3. Biasain makan dulu sebelum nongkrong

Di zaman kekinian dan serba hedonis ini, rata-rata anak muda biasanya doyan nongkrong di mall atau pusat perbelanjaan. Padahal, kalo dipikir-pikir lagi, kita rugi besar loh. 

Bayangin aja, kopi yang biasanya sebungkusnya serebu, di mall harganya bisa ratus rebuan. Makanannya juga sama mahalnya. Coba aja deh kite makan di warteg. Paling banyak juga abis ceban. Lha kalo di mall? Bisa puluhan rebu dah kita abis.

Tapi ya, gue sebagai anak kost tentunya punya prinsip : Gengsi terjaga, stabilitas duit juga mesti terjaga. Mangkanya, tiap kali mau berangkat nongkrong ke mall, gue pasti makan dulu di rumah. 


Mantep kan? Kesan kekiniannya dapet. Tapi duit gue tetep amaaan... 



4. Catet selalu pemasukan dan pengeluaran

Masih susah buat bisa hodup ngirit? Nah, tips terakhir ini mungkin manjur.

Jadi gini, setelah beberapa kali merenung sambil meratapi dompet gue yang kosong pas tanggal tua, akhirnya gue menyadari satu hal yang paling penting, yaitu : Gimana bisa gue bisa mengatur keuangan gue? Sementara jumlah total duit gue sekarang aja gue kaga tau.

Supaya bisa hidup ngirit tapi tetap punya gengsi, tentunya kita kudu punya perencanaan yang matang. Kita mesti bisa ngatur budget kita buat post-post nya masing masing. Buat makan sekian ratus rebu, buat bayar kosan sekian ratus rebu, buat nongkrong sekian ratus juta... nah, dari situ lah kita bisa senantiasa introspeksi serta menahan diri dari pengeluaran yang ga perlu.

Nah, untuk mempermudah nyatet statistik keuangan kalian ini. Kalian bisa memanfaatkan salah satu aplikasi keren bernama MoneyLover!

ada di anroid, ios dan windows broh!
Secara simpelnya, MoneyLover adalah salah satu aplikasi pengatur keuangan, dimana kita bisa nyatet selalu pengeluaran dan pemasukan kita, langsung melalui smartphone! Dengan aplikasi ini, kita bisa dapet data pengeluaran kita dalam bentuk grafik. Jadinya kan, bisa bahan introspeksi kita broh :)


Nih contoh pengeluaran gue :
Ketauan dah kan dari situ, ternyata pengeluaran terbanyak gue adalah buat SPP kampus. Ketauan juga pengeluaran-pengeluaran lainnya sejauh ini udeh berapa banyak, dan kemana ajah. Mantep kan?

Nah, mangkanya.. buat kalian semua yang pengen hidup iritz, wajibz banget dah ini aplikasi :)




--------



Yap, udah segitu dulu deh tulisan dari gue kali ini. Gimana? Mantep apa masih kurang?
Kalo ada unek-unek. Share disini yaa..
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

13 comments:

  1. aplikasinya patut dicoba tuh.

    btw kalau gue ngantor selalu bawa bekel dari rumah, ngindarin diri dari jajan. lumayan lah, dari pada tiap makan siang keluar buat beli makan, bawa bekal bisa lebih ngirit.

    salam kenal ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal dan thanks udah mampir :D
      Yoih.. udah dua bulanan ini ane udah pake. Dan sekarang.. semuanya pengeluaran jadi ke monitor. Mantep dah

      Delete
  2. Gue juga anak kost, dan semuanya yang lo tulis udah gue terapin dong semenjak pertama nge-kost dulu. Berasa dejavu hahaha.

    Tapi gue baru tau ada aplikasi begituan, entar gue coba deh. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cobain gan.. Insya allah manjur. E ni tulisan ane share di kaskus malah disangka ngiklan masa :(

      Delete
    2. Gue udah donlot dong, keren, lumayan buat nge-manage uang. Muahaha dikira iklan terselubung kali ya:v

      Delete
  3. Saya pakai aplikasi biasanya gak tahan lama. Suka lupa. Paling dari pas gajian langsung kuras semuanya dan dipisah-pisah ke rekening tabungan sama sisain buat jajan sebulan hehehehe.

    Suka sama kalimat ini:
    "Inget, cowo sejati tuh bukan yang bisa bawa motor gede. Tapi yang bisa ngasih ke orang tua nya gede :)"

    Itu baru namanya laki :D

    ReplyDelete
  4. Aku dulu ngekos boros juga gan, alhasil duit gaji habis2 gitu aja :v
    salam kenal gan, keep blogging.

    ReplyDelete
  5. seru juga tips-tipsnya :D pernah coba aplikasi semacam itu tapi ga nerusin karena aplikasinya gak menarik. kayaknya sih bakal install money lover, thank you!

    ReplyDelete
  6. Gila, bermanfaat bangat tipsnya,.
    Download money lover langsung ke TKP

    ReplyDelete