T.A.B Episode 1 - Tama Laurent


Yeaaahh.. Akhirnya Petualangan Ini Dimulai Juga.

Yup, setelah sekian lama gue ngerencanain untuk ngelakuin perjalanan penyambung silaturahmi bertajuk "Travel Around Babaturan", akhirnya gue bisa juga ngemulai episode pertama ini. Kali ini, gue mendatangi salah satu sobat gue, Tama Laurent yang lokasinya ada di pelosok Cibinong. 

Setelah beberapa kali komunikasi by phone serta Whatsapp, kita akhirnya sepakat untuk janjian di ruko tama pas malem rebo, 16 Februari kemaren. Dari situ juga gue tau, bahwasanya ruko si Tama ini ternyata ada di di sekitar Mayor Oking, yang masih sejalur sama jalur perjalanan gue kalo mau mamingan ama bokin.

"Kampret, setaun lebih baru tau nih anak tuyul ternyata rukonya daerah sini", gumam gue dalem ati. 

Malem itu juga, gue meluncur dengan mengendarai Kawasaki Athlete kesayangan gue. Hujan sempet menghadang, diperparah dengan genangan air di daerah Cibubur yang bikin macet sejalan-jalan. Untungnya gue ga kelupaan bawa jas hujan, jadinya ya gue labas terus aje dah.

Setelah satu jam perjalanan lebih, akhirnya gue sampe juga di sekitaran komplek mayor oking,  tepatnya di Jl. Golf Ciriung. 

Gue pun langsung nelpon Tama.

"Tam, lo dimane?" 

"Lurus terus aje.. ntar lo ketemu Bakso Budhe. Nah gue lagi disitu tuh"

Gue ngegas motor lagi.. Sampe tiba-tiba menampaklah sosok berambut gondrong kaya ki joko bodo. Gue sempet kaget, dikirain ada penampakan genderuwo. Ga taunya ternyata itu si tama kampret.

 
Kalo diliat sih kayak Virzha. Tapi kaga mirip sih.

Ruko Tama berada tiga deret sebelum kang bakso itu. Kita bergegas kesana naek motor masing-masing. Sesampainya disana, gue langsung disambut ramah sama bang Kharisma, partnernya si Tama waktu ngediriin studio foto bernama Monza Photo Studio ini.

Segelas kopi, sebotol S-tee dan Martabak Cokelat susu pun menemani obrolan kita bertiga di studio ini. Dari situ gue tau bahwa ternyata Tama dan Kharisma ini pernah ngalamin kejadian pedih. Studio yang mereka diriin susah payah harus bangkrut, karena peralatan studio mereka dibobol waktu lagi ada pemotretan di daerah Ancol. Total kerugian waktu itu sampe sekitar 80 jutaan.

Kepala mereka berdua pun serasa digetok palunye Thor. Pusing, mikirin gimana cara nyari makan.

Lha gimana mau nyari kerjaan, kamera sama peralatannya aja kaga ada. 

Tapi bukan Tama kacrut namanya kalo ga bisa bangkit dari kesusahan. Bermodalkan kartu kredit AEON, mereka berdua mutusin untuk ngambil kamera DSLR merk Canon EOS D1200 untuk mulai usaha mereka lagi.

Ternyata masalah kaga kelar gitu aja. Setelah sebulah lebih, orderan belom ada juga yang menghampiri mereka berdua. Sementara, cicilan AEON ini tentunya kudu tetep dibayar. Mereka pun bingung, sampe-sampe kayang di tengah monas. Eh, becanda deng.

Akhirnya, keputusan yang gila pun mereka ambil. Lensa bawaan si kamera EOS D1200 mereka jual, terus dipake buat bayar cicilan. Sementara itu mereka pake lensa fixed dulu buat hunting gambar.

Dari sini mata gue mulai berkaca-kaca. Soalnya gue denger cerita sambil motong bawang.


Well, seperti kata orang-orang, Tuhan ga akan pernah ngasih cobaan melebihi kemampuan ummatnya (tapi bos selalu menuntut karyawan melebihi kemampuannya, heleh #OutOfTopic). Setelah dijualnya lensa tersebut, Tuhan kayaknya mulai ngebuka keran rezeki buat mereka.

Satu per-satu job pun mulai berdatangan menghampiri. Mulai dari yang sekian puluh rebu, sampe sekian ratus rebu. Perlahan mereka berdua pun bisa mulai ngebangun studio monza yang runtuh diterpa cobaan hidup nan kejam ini. Mulai dari beli peralatan lightning, beli komputer, sampe akhirnya mereka sanggup nyewa ruko lagi.

Ga gede-gede amat sih rukonya. Tapi gapapa, semua yang besar kan berawal dari yang kecil. #Uhuy


Hmm.. cerita Tama dan Kharisma emang bener-bener menyentuh. Gue jadi belajar, gimana caranya bangkit dari keterpurukan hidup.

Mata gue pun jadi semakin berkaca-kaca. Bukan.. bukan nangis, tapi kelilipan nyamuk.

.......................................


Ga kerasa bulan di langit semakin naik ke permukaan. Jam tangan gue nunjukin pukul 10an ketika tiba-tiba dua orang pemuda bermuka kekinian datang ke ruko monza ini. Kita bertiga lantas menyambut mereka sambil salam-salaman kayak orang abis kelar shalat subuh.


Ditemani beberapa cangkir kopi dan hembusan asep rokok jahanam, mereka berdua ternyata minta tolong dibikinin foto kekinian ala instagram. Jadi konsepnya, si orang ini seakan-akan lagi ngelepas topeng.. yang mana topengnya itu adalah mukanya dia juga. Yah, semacem kayak iklan Olay's gitu lah.

Tanpa basa-basi akang Kharisma dan Tama pun langsung menunjukkan tajinya. Kharisma megangin kamera DSLR, Tama megangin peralatan lightning. Dan gue, cuma kebagian megangin pintu ruko, takut ada kucing masuk.



Setelah beberapa kali tes pencahayaan dan jepret sana sini, akhirnya sesi pemotretan ini kelar juga. Foto yang ada di kamera pun langsung ditransfer ke komputer, siap menuju tahap editing.

Disini, giliran bung Tama yang ambil bagian. Dengan sigap, doi langsung ngebuka Adobe Photoshop dan ngelakuin beberapa penyesuaian biar gambarnya jadi sesuai sama permintaan. Gue juga ga kalah sigap. Segera gue buka Adobe Photoshop Express di hape, lalu ngedit foto selfie gue di depan alpamart tadi sore.



Kurang dari satu jam, foto editan tama pun kelar. Hasilnya cakep banget, cukup rapih dan uploadable ke Instagram. Percaya banget dah gue sama kemampuan mbah tama ini kalo urusan ngedit poto.


Nah, buat kalian semua yang pengen dipoto ala kekinian kayak gitu, atau pengen poto prewed maupun poto lainnya bisa langsung cek aja dah IG nya Tama sama Kharisma : Tama Laurent dan Kharisma Monza. Disitu kalian bisa buktikan sendiri seberapa keren hasil jepretan mastah-mastah ini.

Nih, beberapa poto yang sempet gue colong dari hard disknya tama :


 

Gimane, cakep-cakep kan?

Nah, udeh segitu dulu lah Travel Around Babaturan episode kali ini.

Sedikit tambahan, malem harinya kita semua nonton bareng Chelsea vs PSG. Hasilnya, chelsea kalah dan gue jadi bahan cemoohan seantero cibinong. Gue pun marah, dan mengutuk tama semoga bisa jadi orang yang sukses dan membahagiakan orang tua. Iya, kutukan gue baek kan.

Muka-muka kebanyakan minum kopi sachet

Well, sebelum cerita gue tambah ngawur, sebaiknya gue akhiri aja disini. Ikuti terus kisah gue di Travel Around Babaturan, dan semoga kalian semua senantiasa diberi rezeki di tanggal muda maupun tua.


Bye bye guys...



bonus : promo nye tama
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

2 comments:

  1. luar biasa buat bang Tama
    bukan maen rencana Tuhan, gak cuman nyenggol sampe jatuh tapi juga ngulurin tangan sampe bangkit.
    Sukses bang!

    ReplyDelete
  2. Setuju sama yang komen diatas.
    salut buat tama dan kharisma, walo dah dibikin jatuh banget. Tetap nggak nyerah.

    ReplyDelete