5 Hal ini Bakal Dirindukan Kamu yang Kerja / Kuliah di Luar Negeri


Melanjutkan karir ataupun pendidikan ke luar negeri tentunya jadi dambaan banyak orang di bumi Indonesia ini. Selain menyajikan kualitas pendidikan yang lebih baik, sejumlah negara di luar sana juga diyakini bisa memberikan penghasilan lebih besar dibandingkan negeri kita sendiri.

Mangkanya ga aneh, kalo banyak dari kita yang tertarik untuk memperjuangkan beasiswa ataupun melanjutkan karirnya di negeri seberang.

Gue sendiri pernah berjuang keras untuk bisa kuliah di luar negeri. Berbekal niat yang kuat, sejumlah perjuangan lantas gue kerjain. Mulai dari kursus bahasa asing, hunting informasi mengenai beasiswa, sampe ngurusin paspor di samsat DKI pun gue lakuin dengan penuh semangat.

Sayangnya, niatan gue ga dapet restu dari ortu. Hingga akhirnya gue harus mengubur dalam-dalam mimpi gue itu. Kebetulan waktu itu gue ngebet kuliahnya di Zimbabwe.



Ngomong-ngomong tentang berkelana ke luar negeri, tentunya ada berbagai hal disana sana yang ngga bisa kita temuin di Indonesia. Misalnya aja pesona keindahan musim salju, yang pastinya cuma bisa dirasain sama mereka yang tinggal di negeri empat musim. Ataupun serunya naik kereta Shinkansen (新幹線), yang cuma bisa dinikmati di daerah jepang doangan. 

Tapi jangan salah. Meskipun indonesia cuman punya dua musim, dan ga ada satupun kereta shinkansen yang bisa kita temui di stasiun beos, tapi sebenarnya Indonesia juga punya berbagai hal yang ga bisa dinikmati di luar negeri sana. Misalnya aja ini nih..




1. Kuliner khas Indonesia

Walaupun sebenarnya di Indonesia sendiri sekarang udah mulai menjamur restoran-restoran khas amerika, jepang dan sejumlah negara lainnya; tapi sejujurnya ga ada satu pun yang bisa mengalahkan cita rasa kuliner khas Indonesia itu sendiri.

Dimulai dari nasi goreng yang nikmat dan bikin anget perut, gado-gado yang unik dan heterogen (campuran banyak sayuran), dan jangan lupa sama rendang's yang diakui sebagai makanan paling lezat di dunia versi CNN. Di luar negeri sana belum tentu loh kalian bisa nemuin makanan-makanan ini.

Warteg di arab nih. Suseh nyarinya cuy

Jangankan buat beli makanan khas indo. Terkadang, di luar negeri sana untuk mencari makanan biasa yang berlabel halal pun ga mudah loh. Bandingin sama dunia perkulineran Indonesia, yang hampir semuanya didominasi sama makanan halal. Yakin, ga kangen sama indonesia?






2. Keanekaragaman Budaya dan Bahasa

Indonesia sejatinya adalah negara yang absolutely keren abis. Gimana engga, Indonesia punya 17508 pulau, melebihi negara manapun di dunia. Indonesia punya 546 bahasa, melebihi benua apapun di dunia. Dan yang paling keren, Indonesia adalah satu-satunya negara yang mengakui 6 agama, melebihi semua yang ada di dunia.

Keanekaragaman inilah yang bikin kehidupan kita di bumi nusantara jadi seru banget guys. Dalam kesehariannya, orang-orang indonesia udah terbiasa untuk bergaul dengan sama siapapun meskipun beda suku, beda agama dan bahkan berbeda kelamin bahasa.

Suku batak bisa ngobrol akrab sama suku papua. Kyai haji bisa ngobrol akrab sama pendeta. Sampe-sampe, Mesjid Istiqlal kebanggan muslim indonesia pun bisa dibangun bersebelahan sama Katedral loh. Pokoknya semuanya berbaur, menyatu atas nama Indonesia.

Guess what? Semua keberagaman itu ga bisa kalian nikmati di negara manapun. Karena itu cuman ada di bumi kita, rumah kita, Indonesia :)

Indonesia okeeeeeehh... (ga usah sambil nyanyi dong)





3. Suasana Berkebun yang Menyenangkan


Orang bilang tanah kita tanah surga
Tongkat kayu dan batu jadi tanaman

Yap, petikan lagu koes plus itu sepertinya cocok banget buat untuk ngegambarin betapa 'mewah' nya tanah-tanah di Indonesia ini. Kalian mau nanem apa aja, pokoknya tinggal tancep doang pasti jadi deh. Hampir semua tumbuh-tumbuhan bisa kita tanam di tanah Indonesia.


Hal semacam ini hampir mustahil kita lakuin di sejumlah negeri sana. Di jepang misalnya, dengan kondisi permusiman disana yang dibagi menjadi empat musim (semi, gugur, salju, panas), menanam taneman tentunya ga bisa sembarangan. Cobain aja dah nanem padi pas musim salju. Yang ada malah jadi es krim padi. Eheum..


Jepang? bukan. ini cibodas..






4. Adzan yang Saling Bersahutan

Walaupun Indonesia sejatinya bukan negara islam, tetapi penduduk Indonesia didominasi oleh muslim loh guys. Dari 205 juta penduduk Indonesia, sedikitnya 88,1 persen dari mereka menganut agama Islam. Indonesia pun diakui sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia.

Mangkanya ga aneh kalo mesjid di Indonesia itu jumlahnya cukup banyak dan lokasinya pun relatif berdekatan. Efeknya saat kita memasuki waktu shalat, semua mesjid seakan saling bersahutan, mengumandangkan adzan dengan penuh khidmat.

Di luar negeri, belum tentu loh kalian bisa menikmati riuh ramai sahut-sahutan adzan ala Indonesia ini. Apalagi kalo negara yang kalian huni adalah negara non-muslim, dimana islam jadi negara minoritas. Mantan striker Chelsea, Demba Ba aja sampe bilang begini loh :

Luar biasah guys :)






5. Hari Libur Nasional Lebih Banyak

Kalo ada orang Indonesia yang ngerasa kurang liburan, sepatutnya kita sadari bahwa sesungguhnya orang itu lah yang ga bisa memanfaatkan hari libur dengan baik. Wong liburan di Indonesia itu lebih banyak dari negara lain kok.

Gimana engga, dengan 6 agama yang diakui di Indonesia, semuanya tentu punya hari rayanya masing-masing. Dan serunya di Indonesia, setiap hari raya diakui sebagai hari libur nasional. Ini artinya ketika penganut kristiani merayakan  natal, umat muslim ikut ngerasain tanggal merahnya. Sebaliknya, ketika umat muslim ngerayain hari Idul Fitri, umat kristen pun ikut kebagian libur panjangnya.

Lagi-lagi, keseruan ini ga bisa kalian temuin di mana-mana.. Cuma di Indonesia ;)

Pesan dari TS, jangan lupa liburaaaan..



--------------------------------------------------------------


Nah, segitu dulu lah tulisan gue kali ini. Coba di share sama temen kalian yang lagi di luar negeri guys. Any comments?
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

5 comments:

  1. Kalau misal kesampaian buat sekolah/kerja diluar negeri, hal yg pertama bikin kangen pasti makanannya itu. Apalagi lidah indonesia kenal macam rempah2, makan2an luar pasti nahan banget soalnya lebih hambar kan yah?

    ReplyDelete
  2. Kalo gue sih lebih suka australia buat jadi destinasi menetap atau liburan.
    semoga bisa terkabul yah. Amin

    betul sekali tuh. Indonesia emang the best.
    kaya akan kuliner, budaya, bahasa.
    jadi orang Indonesia pantes disebut sebagai orang teramah, karena orang Indonesia sudah terbiasa dengan perbedaan, dan sangat pandai bertoleransi.
    thanks aritkelnya bro.

    ReplyDelete
  3. Kalo di luar, paling susah ya masalah makanan. Udah terbiasa makan nasi dan konsumsinya yang penuh rempah. Kalo di luar, nggak ada kuliner yang kayak di sini. Dikit banyak bakalan ngasih pengaruh ke kita.

    Kalo mau ke luar sih, mungkin cukup ke Asia aja. Soalnya budaya orang barat sama timur itu agak berbeda. Kalo Asia sendiri ya masih mirip-mirip lah.

    ReplyDelete
  4. Pasti ya nomor 1 makanan... Kayaknya kalau udh di luar negeri, gue bakal kangen banget sama soto dan gado-gado yang cuma ada di Indonesia :D

    ReplyDelete
  5. Gak kepikiran tadinya tapi ada benarnya ya...pas diluar sana kedinginan rasanya pingin cepat cepat transit ke Singapore dan nyeberang ke Batam

    ReplyDelete