Hal-Hal Unik & Lucu yang Cuman Ada Serial di Kamen Rider


Aiiih, lu udah gede juga, masih aje nontonin pelem kamen rider!

Kata-kata sebut sering terlontar dari temen-temen, sodara dan bokap nyokap kalo gue lagi nonton film kamen rider. Gue sih cuek aja, toh menurut gue sih kamen rider itu bukan tontonan bocah juga kok. Dari sisi segmentasi, gue bisa bilang kamen rider ini cuma cocok buat remaja-remaja yang punya hobi berfantasi ria. Yup, fantasi disini maksudnya adalah ber-imajinasi di luar hal-hal yang bersifat logis.

Berbeda dengan film-film superhero Amerika yang lebih ngandelin sains dan teknologi, superhero asal Negeri Sakura ini lebih mengedepankan sisi humanis dan kekuatan yang bersifat imajinatif. Ga logis pun gapapa, yang penting visualnya keren den bisa dinikmati.

Mangkanya kalo kita pikir secara seksama, ada beberapa hal unik & lucu yang bikin cerita di film superhero ini lebih seru dibandingkan dengan film-film Marvel. Apakah itu? let's cekidot.



1. Proses berubahnya ribet, tapi lucu :v

Wkakak.. monsternya bete :v
Salah satu ciri khas dari serial kamen rider adalah proses berubah alias henshin-nya. Tiap serial kamen rider selalu punya aksesoris berupa sabuk / belt yang berbeda-beda dengan cara henshin yang berbeda pula. Ada yang dimasukin kartu, dipasangin koin atau di malah di kamen rider jadul, si tokoh kudu loncat sambil jungkir-jungkir dulu kalo mau berubah. Absurd banget :v

Nih liat videonya :
 

Dan lagi, ketika si tokoh ini mau berubah ke level lebih tinggi (dengan kostum yang berbeda tentunya), maka aksesoris yang dipake pun berbeda lagi, dan terkadang cukup banyak guys. kebayang deh kalo di dunia nyata berubahnya kayak gitu.. yang ada diserang duluan ama monsternya :v





2. Pake Istilah Inggris Tapi Logat Jepangnya Kental



Dalam hal pemberian nama senjata atau jurus-jurus di kamen rider, beberapa menggunakan bahasa inggris loh guys! Di kamen rider Double misalnya, nama-nama kekuatannya ada Cyclone Joker, Heat Metal, serta Luna Trigger.

Permasalahnnya, meskipun dipakein istilah-istilah inggris begitu, dialek khas jepangnya masih tetep ada. Dan entah kenapa, itu lumayan lucu buat didengerin.. ngoehehe. Misalnya aja kata kamen rider, yang dialek jepangnya malah jadi Kamen Laido. atau juga Trigger, yang jadi kedengeran Torigar kalo pake dialek jepang.

Tapi menurut gue sih, ini justru jadi ciri khas yang memorable dari kamen rider itu sendiri. Karena begitu ganti dialek ala eropa. Nama-nama istilah di kamen rider ini justru jadi kedengeran aneh, dan ngga banget dah pokonya. Liat aja sendiri nih videonya :







3. Sebelum ribut suka ngasih ceramah dulu

Seperti yang gue sampein di atas, film-film kamen rider itu lebih mengedepankan sisi humanis dibandingan dengan sains. Mangkanya, dalam beberapa adegan di film ini seringkali disisipi dengan ucapan-ucapan atau nasihat yang kata-katanya oke punya.

Tapi yang lucu adalah, kata-kata ini seringkali disampein ama si tokoh ketika mau ribut ama lawannya. Dan si lawan, tetep ngasih waktu buat ngedengerin 'cocot'nya si tokoh ini. 

Kebayang deh kalo hal ini ada di dunia nyata. Gue udeh mau ribut kudu etiba tiba kudu ngasih waktu dengerin ceramah dulu. -__-



4. Dengan harapan, musuh pun akan kalah

"Jangan pernah menyerah sekalipun tak ada harapan ” , ” Teruslah berusaha, suatu saat pasti berhasil ” atau ” percayalah pada kekuatan dan kemampuanmu sendiri “ adalah kata-kata yang selalu muncul dalam setiap seri film ini

Menurut survey, anak-anak di jepang yang mengidolai Kamen Rider sebagian besar termotivasi dengan kata-kata idola mereka ini dan mengaplikasikannya ke dalam kehidupan mereka, sehingga memudahkan kerja para orang tua dalam memberikan semangat anak-anak mereka.

Sebenernya keren sih, tapi menurut gue seringkali pengaplikasiannya agak unik. Tiap kali si tokoh kepepet dan kalah ama musuhnya, doi tinggal mengatakan bahwa doi gamau nyerah dan masih punya harapan. Seketika pun doi bakal dapet kekuatan baru dan si monsternya langsung jadi terlihat lemah. Enak banget kalo di dunia nyata bisa begitu terus :v




5. Bertahan lebih dari 30 generasi

 Yap, Kamen Rider adalah salah satu bukti konsistensi orang-orang jepang dalam menciptakan sesuatu. 

Semenjak seri pertama Ichigo dan Niigo yang dirilis tahun 1971, seri-seri kamen rider selanjutnya terus bermunculan dengan konsep cerita, kostum dan kekuatan yang berbeda di masing-masing film. Yang lebih keren lagi, ketika satu seri kamen rider selesai biasanya diiringi dengan movie dimana kamen-kamen rider yang jadul pun dikumpulkan di dalam satu film.
 
Ketika gue mengetahui fakta ini, entah kenapa gue jadi merindukan sosok-sosok superhero Indonesia yang entah kemana rimbanya saat ini.
  • Dimana Saras 008, Panji Manusia Millenium, dan Wiro Sableng saat ini? 
  • Kenapa sih ga ada production house yang mau bikin versi terbaru dari superhero-superhero itu?
  • Kenapa tv indonesia lebih didominasi sinetron ga mutu dibandingkan superhero yang sarat akan motivasi?

Pertanyaan tersebut selalu hadir di otak gue. Dengan harapan baru bahwa esok hari bakalan ada sosok superhero Asli Indonesia yang dibanggakan, dan berkelanjutan.

Seperti yang selalu diajarkan kamen rider, jangan pernah kehilangan harapan.. gue pun selalu berharap, masih ada generasi Indonesia yang kreatif dan inovatif untuk memperbaiki sajian televisi indonesia saat ini.




-----------------------------------------------------------------------------------

Nah, segitulah tulisan gue kali ini. Gimana menurut kalian guys, ada hal-hal unik lainnya ga dari serial kamen rider? Atau, pengen share pendapat mengenai superhero indonesia? 

Ane tunggu pendapatnya di kolom komentar yaaa:)





Bonus : kata mutiaranya kamen rider kuuga
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

1 comment: