Moment Review : Ngerayain Idul Adha Bareng Mandaya Nusantara


Lebaran haji ini gue kaga pulang kampung..

Okey, kalian mungkin mengira kelanjutan tulisan ini bakalan jadi sedih dan sendu macem soundtracknya winter sonata. But it's not! Walaupun lebaran taon ini gue kaga pulang, dan bahkan cuma bisa dengerin suara takbiran saut-sautan dari apartemen gue (dua lantai doang si, alias sebut aje kontrakan dah), tapi entah kenapa gue ngerasa kaga sedih sedih amat.

Mungkin ada dua hal yang bikin gue jadi kaya begini. Yang pertama, gue udeh tinggal di jakarta selama kurang lebih 3 taunan, kenyang dah nikmatin asem manisnye tinggal idup di ibukota. Yang kedua, gue ngikut acara perayaan idul adha bareng relawan-relawan mandaya nusantara yang ketjeh-ketjeh bro!

Dalam acara ini kurang lebih ada tiga ekor kambing yang bakal dikorbanin, semuanya bole dapet nyolong dari pak lurah sumbangan dari salah satu penyalur sedekah dan kurban, cintasedekah.orgAlhamdulillah.. Luar biasa.. Allahu Akbar!

Nah, yang paling perlu kalian tau neh, acara ini sangat-sangat terkonsep secara matang. Alias mas Malik jam setengah sebelas malem masih ngejogrok di kontrakan gue buat ngelarin desain spanduk.. Ngoehehe. Dan luar biasanya, spanduknya ternyata baru kelar diprint di Rawamangun jam 2 malem. Wow, luar biasa sekali memang semangatnya mas malik neh.



Esok harinya tepat jam 10 siang, gue tiba di sekre mandaya bekasi. Kita semua ngerumpi sambil nyiapin segala sesuatu yang perlu disiapin. Dan gue, lagi-lagi dapet tugas jadi petugas dokumentasi. 

Berhubung acara ini terlaksana berkat dukungan dari cintasedekah.org, jadinya ya gue juga kaga bisa ngasal buat urusan dokumentasinya. Malahan, gue dapet selembar print S.O.P dokumentasi dari cintasedekah. Wuidih.. Dokumentasinye aje ada es o pe nya cuy..

Keren kan.. jadi berasa resmi neh gue. ngoehehe
 
Let me take a selfie..

Mendekati jam 11:00, prosesi pemotongan hewan kurban akhirnya dimulai. Anak-anak didik langsung ngacir melipir ke sebuah posko kecil di belakang sekre. Sedangkan gue, masih sibuk jeprat jepretin kambing yang udeh dikalungin nama sohibul baitnye masing-masing. 

Gue ngedokumentasi cuma bermodalkan hape aje. Abise setelah gue baca secara serius dan seksama, di ntuh s.o.p kaga ada aturannya bahwasanya mesti motret pake kamera digital. Yaudeh lah, gue jadinya ngandelin kamera yang ada aja. Tadinya malahan gue mau motret pake kamera CCTV, tapi takut disemprot ama mpok gue.



Biasa aje dong megangin papan namanye bang :p

Sehabis itu, gue ngebantu nyiapin proyektor buat pemutaran film tentang sejarah nabi. Bocah-bocah langsung pada ngabur lagi desek-desekan masuk ke sekret biar bisa deket proyektor. Cuma yaa.. namenye juga bocah, masa ada yang duduknye di depan proyektor. Yaudeh dah tiba-tiba bayangan segede gaban nongol di tembok. 




Memasuki sore waktu ashar, acara udeh mulai rada nyantai alias woles. Anak-anak didik udah mulai pada bubar karena dipanggil yang maha kuasa orang tuanye masing-masing. Rasa lelah pun mulai nampak di muka-muka panitia, yang harus beraktivitas di tengah teriknya matahari bekasi yang nyolot banget.

Tapi nampaknya, kita kita beloman mau istirahat dulu. Penyebabnya adalah karena momen nyantai begini terlalu sayang buat dilewatkan tanpa....... Let me take a selfie.




Pas lagi seru-serunya selfie begini, eh tiba-tiba kita dipanggil buat makan bareng. Yowis lah, kesempatan ini tentunya kaga gue sia-siain apalagi pas tanggal tuwir dan perut lagi kosong begini. #YaelahAnakKos





Setelah perut kami terisi semua, khususnya buat imel yang nyedot tulangnye manyun benerrr.. Kita semua memutuskan untuk pergi menuju ke area Paku Bumi. Jadi ni ada satu area samping Grand Dhika City, dimana ada sebuah beton raksasa berbentuk paku yang entah kenapa fotogenic beud..

Ditemani dengan matahari sore yang rada adem, kite kite ber selfie ria sambil ber eksperimen dengan sejumlah fitur yang ada di handphone masing-masing.

Kebetulan, hape lumia gue lumayan banyak pernak pernik fitur fotografi nya, mulai dari Smart Sequence, Lumia Selfie sampe Lumia Cinemagraf. Walhasil, gue akhirnya dirubungi sejumlah request narsis semi alay para relawan mandaya ini. Dan begitu sadar.. foto gue nye manaaaaaa??? :(


Nih hasil jepretan gue :









Menjelang maghrib, kita semua ngumpul untuk evaluasi acara hari ini. Lumayan banyak yang kita bahas, tapi intinya, acara ini diatur sedemikian rupa supaya ngga mengganggu atau memberatkan para relawan yang sekarang udah mulai sibuk dengan kehidupannya masing-masing.

Setelah acara ini, kita semua ngerasa nyatu lagi, setelah sekian lama terpisah ngurusin urusannya masing-masing. Mas Malik aja sempet bilang kalo dia sempet meneteskan air mata waktu liat kita semua becanda dan selfie selfiean baareng di paku bumi. Semacem bangga gitu guys liat sense of belonging (rasa memiliki) nya relawan-relawan mandaya.

Gue juga sempet netesin air mata.. Bukan pas ngeliat kita semua selfie bareng, Tapi pas gue ga sengaja ngintip dompet gue sendiri yang sepi banget kaya hatinya jomblo pas malem minggu. #LahCurhat

Okey okey, back to the article.. Kalo misalnya kalian penasaran tentang apa itu mandaya dan gimana caranye buat bisa jadi relawan mandaya, kalian bisa buka web nya aje disini neh.

Udah, gitu aja..





Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

0 komentar:

Post a Comment