Tips Biar Bisa Sukses Move On Ga Pake Lama.


"Hadeuuhh.. gue gagal move on nih", Sahut Mahmud dengan muka memelas dan mata berkaca-kaca. 

Gue tuh orangnya ga tegaan broh. Kalo liat orang lagi sendu gini, bawaannye ya gue jadi ikut merasakan gitu. Jadi ya mau ga mau gue cari cara deh supaya bisa ngibur ni orang.

"Bro, nih gue punya sesuatu buat lo", Kata gue sambil nyodorin receh.

"Apaan tu broh?"

"Recehan khusus buat pengemis cinta".

Eh, Mahmud malah nangis goak goakan.

*dah ah skip skip*


Urusan move on itu emang gampang-gampang susah broh. Kenapa? ya karena move on itu urusannya hati. Dan kita semua tau, kalo hati adalah bagian paling sensitif dari umat manusia. Ditambah lagi, entah kenapa yang namanya hati itu terkadang suka ga sinkron sama otak. Otak udah ngerencanain begini, eh hati malah bilang begitu. Mangkanya banyak orang yang terjebak dalam ketidak-move-on-an ini.

Eh sebelumnya lu semua udah tau belom arti move on itu apa?

Move on itu berasal dari bahasa inggris (yaelah kang bubur digetok satpam juga tau), yaitu Move sama On. Move, artinya bergerak atau berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Sedangkan on, itu artinya nyala. Jadi move on itu adalah proses perpindahan menuju suatu tempat dimana elo bisa bersinar dengan terang. Masuk akal kan penjelasan gue? padahal mah ngarang doang.

Oke tapi fix, yang namanya move on itu lo harus berpindah broh. Entah itu dari gebetan yang nge-friendzone, hubungan yang ngambang kek jemuran buluk, atau bahkan harapan semu yang bertepuk sebelah tangan. Ini mungkin agak berat, tapi ya mau ga mau harus dijalanin. Karena kalo lu berhasil, maka lu bisa melangkah tanpa beban. Lu bisa bersinarr.. kayak bohlam gocengan.

Yang jadi masalah, move on itu hampir sama kayak diet broh. Banyak orang di dunia ini yang pengen bentuk tubuh langsing dan ideal, tapi selalu gagal tiap kali nyobain diet. Kenapa? ya karena merekanya ga konsisten. Ngomong ke orang pengen diet, tapi begitu liat ngeliat makanan enak dikit langsung gatel pengen nyobain. Kalo gitu ya pegimana mau langsingnye coba.

Nah, sama juga ama yang bilang pengen move on. Niatnya itu ya jangan diucapin di mulut doang, tapi jalani juga dengan tindakan yang nyata. Berdasarkan hasil riset yang gue lakuin di desa Cikurutak dengan jumlah responden sekitar 100 orang, gue mendapati penyebab utama orang yang gagal move on sebagai berikut :
  1. Suka gatel, pengen stalkingin akun socmed doi.
  2. Suka gatel, pengen ngucapin atau diucapin selamat pagi.
  3. Suka gatel, pengen nelpon biar bisa denger suara doi.
  4. Suka gatel, pengen mikirin doi kalo lagi sendirian di pojokan kamar.
Konklusi yang gue dapetin, penyebab utama gagal move on adalah karena gatel broh. Nah, ini dia nih hal paling utama yang mesti lo obatin. Tapi sayangnya, setau gue teknologi saat ini belom kesampean buat nyiptain salep cinta. Mengobati gatel-gatel rindu begitu. Ah, elah..

Tapi jangan panik, karena setelah itu gue ngelakuin riset lagi di Desa Cikuriweuh (pinggiran nusa kambangan). Akhirnya, gue menemukan sejumlah solusi yang efektif dan efisien buat bisa sukses move on berikut ini :



1. Kurangin ketergantungan social media.

Salah satu ciri utama orang yang gagal move on adalah, mereka hidup dengan penuh kenangan atas masa lalu. Mangkanya ga aneh, mereka suka gatel kalo sehari belom stalkingin status atau foto-foto sosok pujaan mereka di instagram atau facebook. Berasa gemesss gitu deh brooh..

Permasalahannya, social media itu ibarat memory book yang bisa ngembaliin kenangan masa lalu lu dengan seketika. Semua foto-foto aplotan lu semacem waktu pedekati di warteg bu romlah, anniversary di atas flyover, atau waktu kejebak ujan di laut mati, itu bisa dibuka kapanpun lu mau. Efeknya, ya lu jadi terus-terusan aja terjebak di masa lalu yang terlalu indah itu. 

Open your eyes bro! Life must go on. Hidupmu ada disini, dimasa kini. Bukan di masa lalu. So, kalo mau move on ya lu harus kurangi ketergantungan akan socmed yang selalu bawa lu ke masa lalu itu. Cobalah untuk menikmati suasana dimana lu berada. Misalnya, pas lagi ngumpul, coba deh fokus sama apa yang lagi diobrolin. Nikmati nikmatnya ngobrol bareng temen-temen sohib lu broh.

Tahan diri lu untuk ga stalking, update status dan ganti profil minimal 2 minggu deh. Coba, kira-kira bisa ga?





2. Susun rencana harian

Salah satu suasana yang paling rentan bikin orang jadi galau adalah, pas lagi sendirian di kamar broh. Menurut gue, kebanyakan orang jadi gagal move-on itu karena ya mereka terlalu lama menyendiri sambil melihat pojokan dinding kamar mereka gitu. Entah kenapa, pojokan kamar itu dangerous banget buat mereka yang lagi nyobain buat move-on.

Nah, mangkanya kalo lu mau sukses move on, coba dari sekarang sisihin waktu lo sebanyak 15 menit aja deh buat nyusun kegiatan harian lu hari ini maupun besok. Catat dengan detail, misalnya jam 8 pagi gue mau nyirem kembang ah. Jam 10 nanti gue mau sholat dhuha ah, jam 5 sore nanti gue mau ngerampok bank ah. Dengan demikian, ga bakal ada lagi waktu luang yang tersisa buat lu untuk  terdiam sendiri sambil menatap pojokan kamar yang dangerous itu.





3. Cari dunia baru

Dunia ini ga sesempit daun kelor broh! Di antara 200 juta lebih penduduk di indonesia, gue rasa jumlah orang yang lu kenal itu ga bakalan sampe 1 persennya deh. Jadi, kalo dibandingin antara jumlah orang yang lu kenal sama yang ga lu kenal. Pasti lebih banyak yang gak lu kenal kan. Ya ga?

Mangkanya kalo lu yakin, sebenernya move on itu ga susah-susah amat. Toh, masih ada ratusan juta orang di dunia ini yang berpotensi jadi pasangan hidup lu kok. Yang dibutuhin yaa cuma niat dan tekad untuk mencari dunia yang baru, diluar dunia kita yang saat ini mungkin sudah terlalu sempit.

Buat cewe, kalian bisa coba untuk ikut pengajian atau organisasi-organisasi kemanusiaan yang sekiranya menarik buat diikutin. Buat cowo lebih gampang lagi, bisa ngikut ke komunitas atau klub-klub semacem motor, bola, dan laen-laen gitu. Siapa tau kan, jodoh kalian ada disitu (ya walaupun jangan terlalu ngarep juga).

Pokoknya, keluar dari zona nyaman kalian sekarang. Carilah tantangan baru yang lebih seru!





4. Ngaji

Untuk poin ke empat ini, sebenernya gue ga pengen sok alim atau bahkan menggurui. Tapi ya seperti yang gue jelasin di atas, move on itu masalah hati. Kalo mau sukses move on, ya hatinya mesti dibenerin. Bukan dengan check up ke spesialis liver, apalagi dokter kandungan. Bukan. Yang ada kalian disuntuk racun dah ama tu dokter.

Kalo mau hati bersih dan tenang, ya perbanyak buka alkitab broh. Selain mendekatkan diri sama Yang Maha Kuasa, ayat-ayat di alkitab juga bisa ngasih kita motivasi. Misalnya Surah An-Nuur ayat 14 ini nih :



Perempuan yang baik itu untuk laki-laki yang baik, dan laki-laki yang baik itu untuk perempuan yang baik. Ihh.. so sweet kan. Mangkanya yo, banyakin ngaji. Tapi jangan lupa, terjemahannya dibaca juga ye broh. 





5. Rubah Mindset

Kalo poin satu sampe empat di atas masih belom berhasil juga, maka besar kemungkinan penyebab gagal move on lu adalah mindset lu sendiri. Dalam kesenduan dan keterpurukan saat ini, hati kecil lu masih memiliki satu harapan kecil, bahwa suatu saat nanti semuanya akan kembali seperti sediakala.

Emang sih, di dunia ini ga ada yang ga mungkin terjadi. Tapi, terkadang ya kita juga kudu bersikap realistis broh. Ada yang memang ditakdirkan untuk menjadi pendamping hidup, tapi ya ada juga yang ditakdirkan untuk sekedar lewat. Dan kita, ga bisa maksain takdir ini sesuai dengan kemauan kita. Semuanya udah diatur, sedangkan tugas kita ya menjalani. Mau itu menyenangkan maupun menyakitkan ya mau ga mau kita harus terima broh.

Simpelnya, kalo kalian masih punya mindset kaya gini :
"Tanpa dirinya, gue gak bakalan bisa bahagia"

Maka sebaiknya rubah jadi :
"Kalo lu mengabaikan gue, suatu saat lu akan menyesal"

Selain mengurangi beban pikiran serta membangun self competence, mindset di atas ini juga bisa membuat lu jadi terbiasa untuk bahagia, dengan maupun tanpa orang yang lu sayangi. Karena yang gue yakini, untuk bisa bahagia itu ga mesti nunggu seseorang broh! 

If you want to be happy now, be.






--------
Intinya sih revisi niat, bulatkan tekad serta atur mindset yang lebih baik. Gue yakin kok perkara move on itu ga susah-susah banget. Siapa juga sih yang mau terjebak terus di masa lalu. Ntu cinta apa film jumanji?

 Oyah, gue juga mo bilang, kalo kedepannya blog ini akan diupdate secara terjadwal. Ini semacem deklarasi ke-istiqomahan gitu lah broh. Insya Allah, gue akan sediain artikel secara terjadwal setiap hari Selasa dan Jum'at. 

Inget.. setiap Selasa dan Jum'at. So, stay tune in my blog.. dan jangan lupa komentar broh.


Bonus : Buat dipasangin dp nih

Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

10 comments:

  1. wahhh pengalaman banget, qaqa. dan aku setuju utk point 4!

    ReplyDelete
  2. Kurangin sosial media paling susah sih kayaknya. Meskipun nggak lagi harus move on, sebenernya mengurangi maen sosmed itu tetep penting x))
    Tapi apalah daya, blogger lepas sosmed barang dua hari doang ketinggalan bejibun info.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya.. yang bener mengurangi, bukan meninggalkan. Soalnya pernah waktu itu nyobain ninggalin. Jadinya malah berasa idup di jaman batu. ketinggalan inpormasi mulu -_-

      Delete
  3. Yoi, move on itu emang ga susah-susah amat. Karena menurut gue pribadi, semakin di paksakan move on, justru akan semakin sulit. Jadi ya biarkan mengalir aja dan terus jalani hidup ke depan.

    Setuju banget itu no 3, 4 dan 5. Mantep. Nice tips, bro! :D

    ReplyDelete
  4. haha semua poin udah gua coba (dulu) waktu lg galau-galaunya
    nyeramahin sih emg gampang, yg jalanin kasian engab hehe tergantung dr pribadi masing masing sih, cepet lambat semua psti mupon kok.

    ReplyDelete
  5. aku setuju point 2 sama 5 karena itu bisa bikin kita sukses hindari sifat negatif dekati sifat positif dan fokus gendutin tabungan hehe...

    ReplyDelete
  6. paling susah atuhlah soal stalking socmed mantan hadeuh apalagi kalo satu circle :") kalo di luar itu mah yakin bisa :D

    ReplyDelete
  7. gue juga butuh proses selama beberapa tahun sampe akhirnya bisa move on, bukan maksud berlarut-larut tapi sebagai cermin bahwa ada hal-hal yang harus gue ubah sebelum akhirnya memutuskan untuk mencari yang baru. Dan ketika gue siap hal itu gue memulainya dengan memotong rambut gue sampe bondol, hahaha XD

    ReplyDelete