Hidup Bahagia Dalam Situasi Sulit.


Hidup ini emang kaya komidi puter. Kadang kita di atas, kadang di bawah. Muter lagi.. muter lagi..

Yah emang begitulah realita kehidupan. Satu hal yang gue yakini adalah, setiap orang di dunia pasti pernah merasakan masa-masa kejayaanya masing-masing. Adakalanya apa yang kita mau berbanding sejajar dengan apa yang kita dapetin. Ga perlu berjuang, ga perlu keringetan. Semuanya bisa hadir begitu saja sesuai dengan kemauan kita.

Seringkali, pas kita lagi nyaman begitu kehidupan suka tiba-tiba ngelemparin batu ke tepat atas kepala kita. Keadaan lantas berputar 180 derajat. Apa yang biasanya ada, tiba-tiba harus kita relain untuk tiada. Inilah yang gue maksud dengan situasi sulit. Situasi dimana apa yang lo mau ga sesuai ama yang lo dapetin.

Sejumlah orang biasanya jadi sendu, galau, dan stress ketika harus menghadapi situasi sulit kaya begini dalam kehidupan mereka. "Ya Tuhan, berat banget cobaan ini", "Apa kata tetangga gue nanti kalo tau gue begini". Mengeluh ini, mengeluh itu teruss sampe stressnya overload. Mangkanya ga sedikit yang memilih jalur pintas, yaitu bunuh diri. Hadeuh.. 

Hey broh! Untuk bisa bahagia itu ga mesti punya banyak harta, ga mesti punya mobil mercy, ga mesti hidup borju. Kalo kita liat sekeliling, banyak juga kok orang yang bergelimang harta, tapi hidupnya menderita. Mahmud mungkin punya mobil mewah, tapi doi ga merasa bangga, karena doi sadar kalo mobil itu  pemberian bokapnya. Edward mungkin punya rumah mewah, tapi doi ga merasa bahagia, doi malah takut suatu rumahnya bakalan dirampok orang. So. kebahagiaan itu buat gue si ya imaterial.


Tapi ya realita nya, kebanyakan orang susah buat jadi bahagia kalo lagi susah. Selalu aja ada masalah untuk dikeluhkan. Selalu ada aja problema yang bisa bikin murung. Waduh.. kalo gini kira-kira masih ada ga ya cara biar bisa jadi bahagia? Tenang.. Mr. Walker punya solusi. Sekali-kali ye gue ngatih motivasi neh, serius.



1. Cari yang temen yang nasibnya lebih susah.

Udah jadi hakikatnya manusia. Tiap kali ngeliat seseorang yang nasibnya jauh lebih baik, pasti mentalnya langsung down. Semakin banyak ngeliat ke atas, semakin lo ngerasa rendah diri. Sebaliknya, kalo lu dah ketemu temen lu yang nasibnya jauuuh lebih susah, baru deh kerasa bahwa semua derita yang lu alami selama ini ga ternyata itu belon seberapa. Ga ada apa apanya malahan..

Sedih ga lo kalo liat begini, ha? :'(
So, kalo mau bahagia ya.. coba luangin waktu aja sedikit buat ngeliat ke bawah. Supaya kita ada bahan buat bersyukur. Supaya kita bisa memaknai arti hidup bahagia itu apa :)




2. Biasain diri untuk bersyukur setiap hari

Dunia ini unik. Kadang orang yang udah dikasih rezeki bejibun, malah rajin ngeluh dan memaki situasi. Sebaliknya yang dikasih rezeki dikit malah lebih jago dalam urusan bersyukur. Misalnya begini. Ada orang yang gajinya total gede, kerjaannya total nyantai, tapi mereka malah suka ngeluh karena berbagai alasan. Disisi lain ada juga orang yang udah mah kerjaannya cape, gajinya kecil pula, tapi senantiasa bersyukur. Mangkanya, hidupnya lebih bahagia dibanding yang gajinya gede.


So, semakin bersyukur.. semakin bahagia lah hidup kite. Mangkanya, supaya bisa hidup happy in most badly situation coba deh kita perbanyak ngucapin syukur dari mulut kita. Pas bisa makan di restoran mahal, ucapkan Alhamdulillah. Pas cuma bisa makan nasi sama kecap doang, ucapkan Alhamdulillah juga, dengan lebih keras.. Yakin deh, bakal bahagia hidup lo.




3. Manfaatkan apa yang ada. Jangan kebanyakan nuntut.

Keterbatasan dan kekurangan itu terkadang memancing kita untuk bisa berkembang diluar batas broh. Albert Eisntein, dulunya cuma siswa yang total bodoh di pelajaran sastra. Sekarang kita mengenalnya sebagai professor paling terkenal dunia. Thomas Alva Edison dulunya dicaci dan dihina karena udah mah bodoh, tuli pula. Tetapi seiring waktu, dia akhirnya menjadi sosok genius yang sukses menemukan bohlam lampu. Andai dulu Alva Edison nyerah dan gantung diri, mungkin sekarang dunia masih gelap gulita..


Orang yang hidup dengan keterbatasan adalah orang yang pada hakikatnya ditakdirkan untuk sukses, broh. Mangkanya, jangan suka ngeluh. Kalo kita mau, jalan pasti ada kok. Jangan suka berpikir, kalo gue mau sukses gue harus punya ini.. harus punya itu.. Lebih baik syukuri yang ada, manfaatkan dengan maksimal. Your life will be sooo happy :)




4. Jangan suka mendramatisir suasana

Hidup ini ga selebay sinetron, dan ga sedramatis ftv. Semua yang kita jalani sebenernya cuma proses yang ga pernah ada akhirnya. Kalo di film, mungkin lu bisa ngeliat momen ending baik itu happy maupun sadly. Tapi di dunia nyata, setiap momen akhir hanyalah awal dari sesuatu yang baru.

Saat masa sekolah lu kelar, itu artinya lu harus bersiap untuk masuk ke dunia perkuliahan. Ketika lu masa kuliah lu kelar, berarti lu harus siap untuk memasuki dunia kerja. See? Ga ada akhir yang benar-benar akhir di dunia ini. Jadi, ya ga usah terlalu mendramatisir hidup lah bro -_-

jangan suka mikir gini deh..
Jangan suka menyalahkan kehidupan. Karena segimanapun lu ngelawan kehidupan, kehidupan selalu menang. Setiap orang di dunia ini punya jalur hidup dengan masalahnya masing-masing. Dan lu, di dunia ini, cuma punya dua pilihan. Mau bahagia, atau mau merana.

Kalo mau bahagia, ya tinggal bahagia. Selayaknya orang gila yang walaupun dia ga punya rumah, ga punya duit buat makan besok, tapi dia masih bisa tertawa. Kenapa? karena dia ga pernah numpuk masalah di otaknya. Itulah cara paling simpel buat bisa bahagia. Do you can do it?




5. Dekati yang Maha Kuasa

Siapa sih yang mampu memberi kita kesuksesan?
Siapa sih yang mampu memberi bantuan atas masalah hidup kita?
Lantas kemana kita harus curhat atas semua problema hidup ini?
jawabannya yaa :
Tuhan Semesta Alam, Allah SWT :)


---

Wah, bisa juga yee gue bikin artikel motivasi.. hahaha. Gimana, udah merasa cukup termotivasi belon? Kalo ada unek-unek yang pengen konsultasiin, komen aja di bawah. Ane siap bantu ko asal ada komisi.

Besok-besok gue ngelamar ke metro TV ahh.. sape tau bisa jadi The Next Mario Teguh.


Bonus : Renungan dari Andrew Matthews
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

2 comments:

  1. postingan yang bagus gan, memotivasi biar banyak bersyukur dan jangan kebanyakan ngeluh, sip, lanjutkan!! saya taunya dari kaskus, tapi lebih seneng komen di blognya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih sista.. Akhirnya ada yang komen juga di blog gue :D

      Delete